Teknik Sederhana Mengulang Hafalan Quran

Dalam sebuah hadist

يقال لصاحب القران اقرأ و ارتق و رتل كما كنت ترتل في الدنيا فإن منزلتك عند اخر أية تقرؤها -رواه أحمد

 ” Dikatakan kepada sahabat qur`an : Bacalah, naiklah, dan tartilkanlah sebagaimana engkau telah tartilkan di dunia karena sesungguhnya kedudukanmu ada di akhir ayat yang kamu baca”. ( HR. Ahmad)

Wisata Qurani Hamasah (Anak anak Kampong Batu Itam)

Nah yuk kita bahas teknik pengulangan yang sederhana.
Berikut adalah Contoh jika kita ingin menghafal salah satu surah dalam Al-Quran yang terdiri dari 25 ayat. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Pehatikan ayat pertama dengan seksama kemudian bacalah dengan detil dan tartil. Lalu ulangi bacaan ayat tersebut sebanyak 25 kali. Saat mengucapkan untuk pertama kalinya, mungkin kamu akan terbata-bata. Akan tetapi saat pengulangan yang ke 25 inshaa Allah kamu sudah lancar mengucapkannya bahkan tanpa harus melihat lagi ayatnya. Yang kamu lakukan cukup membaca ayat tersebut secara berulang, dan ingat tidak usah di hafal.
2. Untuk ayat kedua, bacalah untuk awalan dengan tartil. Lalu ulangi sebanyak 25 kali, percis sama menggunakan metode yang pertama. Bila sudah selesai, maka gabungkan ayat pertama dan kedua. Jadi intinya bacalah ayat pertama sebanyak 25 kali, kemudian dilanjutkan dengan ayat kedua dan mengulanginya sebanyak 25 kali juga. Kemudia kembali baca ayat pertama digabungdengan ayat kedua sebanyak 25 kali.
3. Kemudian bacalah ayat ke tiga menggunakan metode yang sama sebanyak 25 kali. Jika telah selesai, maka gabungkanlah bacaan ayat pertama, kedua, dan ketiga lalu ulangi bacaannya sebanyak 25 kali.
4. Pada ayat ke empat, kamu tinggal mengulangi cara yang sama pada point ke tiga.
5. Begitupun pada ayat ke lima, lakukan hal yang sama seperti yang sudah dilakukan pada empat ayat sebelumnya. Hal yang perlu kamu perhatikan pada ayat ke lima, kamu simpan dulu hafalanmu dan jangan terlebih dahulu menambahnya lagi sebelum membaca 25 kali. Inshaa Allah dengan cara seperti ini hafalanmu akan semakin kuat. Nah ketika sudah kuat, barulah kamu melanjutkan hafalan ke ayat 6 sampai 25. Perlu diingat, setiap kelipatan ayat ke lima maka berhenti dulu sejanak, lakukan pengulangan bacaaan sampai hafalanmu itu kuat. Sebenarnya, tidak ada patokan ketika keliapatan lima ayat harus berhenti dulu, namun dari pengalaman kami, kelipatan lima cukup efisien dan mudah untuk dilakukan.

Dalam menghafal Al-Quran, JANGAN MENGGANTI-GANTI MUSHAF, saran saya gunakanlah mushaf dengan khot utsmani (itu lho standar Departemen Agama yang biasa dibawa sebagai oleh-oleh haji dari pemerntah Saudi Arabia). Ciri-cirinya: ‘ayat pojok’ (di pojok kiri bawah berakhir ayat, tidak terputus ke halaman berikutnya), per halamannya ada 15 baris. Siapapun pencetaknya, maka akan sama tampilannya. Covernya seperti yang di banner blog ini, tampilan isinya seperti gambar di atas.
Kenapa? Karena saat membaca dengan hafalan, selain kita mengingat kalimatnya, pasti kita mengingat letaknya dalam suatu halaman. Hal tersebut akan sangat membantu. Terus, kalau kita sedang ingin murojaah di suatu tempat, dan sedang tidak bawa Al-Quran yang biasa kita gunakan, tinggal cari saja al-qur’an dengan khot standar tersebut, tampilannya akan sama.

Written by 

9 thoughts on “Teknik Sederhana Mengulang Hafalan Quran”

  1. Thanks for ones marvelous posting! I seriously enjoyed reading
    it, you are a great author.I will be sure to bookmark your blog and may
    come back at some point. I want to encourage you to ultimately continue your great writing, have a nice weekend!

  2. Hey there would you mind sharing which blog platform you’re using?
    I’m looking to start my own blog soon but
    I’m having a difficult time deciding between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal.
    The reason I ask is because your design seems different then most blogs and I’m looking for something completely unique.
    P.S Sorry for getting off-topic but I had to ask!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *